Latest blog posts

3-latest-65px

5 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

Selama mengalami masa-masa kehamilan, seorang ibu hamil harus betul-betul memperhatikan semua hal yang berkaitan dengan kesehatan dan perkembangan kehamilannya. Khususnya pola makan. Apakah dapat menyebabkan kerugian atau dampak berbahaya bagi ibu dan janinnya, ataukah sebaliknya.

Salah satunya adalah mengkonsumsi buah naga merah.

Selama proses kehamilan, mengkonsumsi buah naga sebenarnya dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan janin. Namun perhatikan agar tidak mengkonsumsi buah naga dalam jumlah berlebihan.

Beberapa manfaat positif buah naga merah untuk ibu hamil diantaranya seperti dijelaskan dalam uraian di bawah ini:

1. Buah Naga Sebagai Sumber nutrisi bagi ibu hamil

Manfaat yang utama dari buah naga untuk ibu hamil yakni sebagai sumber nutrisi untuk ibu hamil menjadikan jawaban bolehkah ibu hamil makan buah naga adalah iya. Kandungan nutrisi yang lengkap di dalam buah naga membantu menjaga agar asupan kebutuhan nutrisi ibu hamil selama menjalani masa kehamilan selau tercukupi. Jumlah nutrisi ibu hamil tersebut sangat penting dalam proses kehamilan yang normal dan lancar tanpa adanya keadaan yang mengarah pada gangguan kehamilan.

2. Dapat Mencegah Terjadinya Kondisi Cacat Lahir

Bayi yang lahir dengan kondisi sempurna secara fisik dan psikis merupakan harapan terbesar ibu hamil selama menjalani proses kehamilan. Untuk dapat membantu mencegah terjadinya kondisi cacat fisik ketika bayi lahir maka konsumsi buah naga akan membantu. Manfaat buah naga untuk ibu hamil terkait dengan pencegahan cacat fisik tersebut dapat terjadi akibat kandungan asam folat dan beberapa nutrisi lain di dalam buah dengan rasa khas tersebut.

3. Meningkatkan kondisi kesehatan ibu hamil

Manfaat lainnya dari buah naga untuk ibu hamil adalah membantu dalam meningkatkan kondisi kesehatan ibu sehingga tidak mudah mengalami berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena vitamin c dan antioksidan yang terdapat di dalam buah naga akan mendorong sisitem imunitas atau kekebalan tubuh ibu hamil menjadi maksimal.

4. Buah Naga Merah Membantu memperlancar saluran pencernaan

Gangguan pencernaan pada ibu hamil memang kerap akan terjadi dan menjadi salah satu kondisi yang sangat menganggu kenyamanan ibu hamil. Untuk dapat membantu memperlancar saluran pencernaan maka ibu disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah berserat yang salah satunya adalah buah naga. Selain menyehatkan pencernaan, buah naga juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang paling umum terjadi pada ibu hamil yakni sembelit atau sulit buang air besar.

5. Manfaat buah naga lainnya untuk Ibu Hamil

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ada beberapa dampak positif lain yang dapat diperoleh dari buah naga. Beberapa dampak positif tersebut diantaranya seperti meningkatkan kadar hemoglobin darah ibu hamil, mencegah kanker, membantu menghindari adanya infeksi pada tubuh ibu hamil, sumber energi, menjaga kesehatan jantung dan ginjal, serta bertindak sebagai makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan.

Kandungan Buah Naga

Kandungan di dalam buah naga sangat banyak, tentunya sangat bermanfaat besar buat ibu hamil. Sayangnya tidak semua orang tahu kandungan apa saja yang ada di dalam buah naga tersebut. Agar ibu hamil yakin dengan manfaat buah naga, ibu hamil harus mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam buah naga. Berikut ini adalah kandungan yang ada di dalam buah naga :
  • Vitamin C ( 15 gram )
  • Karbohidrat ( 9 gram sampai dengan 14 gram )
  • Folat ( 10 gram )
  • Karoten ( 0,012 gram )
  • Protein ( 0,229 gram )
  • Zat Besi ( 0,65 miligram )
  • Fitokimia
  • Antioksidan tinggi
  • Serat ( 0,9 gram )
  • Fosfor ( 36,1 miligram )
  • Lemak ( 0,61 gram )
  • Niacin ( 0,430 miligram )
  • Air ( 83 gram )
Untuk mengonsumsi buah naga, ibu hamil juga dapat menambahkan buah-buahan lainnya di potongan buah naga, dihidangkan sebagai sup buah, atau sebagai milkshake. Hidangan ini sangat banyak disukai karena sangat menyegarkan.
Selamat mencoba 🙂